I’ll do anything for bandwidth

Tulisan ini sebenernya catatan dari keisengan gw. Beberapa waktu yang lalu gw beli antena 3g, sengaja gw beli karena gw sudah mulai bosen koneksi internet yang empot-empotan di rumah karena kurangnya signal di rumah gw. Apes emang, kondisi rumah gw yang jauh dari pusat kota bikin  sinyal (gak cuma sinyal hape, tv atau radio juga) amat lemah di tempat gw. Boro-boro dapat sinyal 3g atau HSDPA, GPRS pun kadang-kadang susah. Apalagi di musim hujan kayak sekarang, susah banget nyambung. So, gw akhirnya beli antena 3g, gw beli yang kecilan dulu (7db), buat coba-coba. Lumayan bisa naik segitu dari sinyal rata-rata (< -100db), (Secara teory) cukup buat 1 bar sinyal 3g.

Sial, ternyata gak ngaruh. Di percobaan pertama, gw pasang antena di kamar gw, gw arahkan keluar, sinyal tetep gak naik. Gw penasaran apa antenanya yang rusak (putus atau lost di jalan). Gw lakukan percobaan kedua. Luar ruangan. gw posisikan laptop gw di bawah, cukup terhalang tembok. Sengaja gw letakkan di situ biar modem gak dapat signal. satu-satunya signal ya dari antena. Sementara antena gw letakkan di atas loteng. Hasilnya lumayan. signal naek, tapi tetap gak sesuai harapan. It’s ok, karena gw memang beli antena yang gain-nya kecil.

Laptopnya :

Ini antenanya :

Hasilnya :

Akhirnya, karena penasaran gw bawa laptop gw ke (ujung) genteng. gw pengen lihat sebenarnya signal di tempat gw sebesar apa. Hasilnya emang dudul. signal maksimal hanya -93 db.

Wakaka, jadi ya emang bener-bener kacau signal di tempat gw, nasib-nasib!. Solusinya ya mungkin beli antena yang gain-nya lebih tinggi atau ganti operator kali.

About singgihpraditya

Gua cuma orang biasa, gak lebih , gak kurang. code maniac (i've been entrust all whole live just to make a good code)
This entry was posted in MyLife. Bookmark the permalink.

7 Responses to I’ll do anything for bandwidth

  1. masih kurang tinggi lagi gan… 😀

  2. sangjolie says:

    wkakakakakaka… semangat bro!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ^_^)

  3. sun hi says:

    wakakaak..
    segitunyaaaa mang 😛

    pindah ke kota dah sono !! hhehhehe…
    piss ahh ^0^

  4. anonymous says:

    coba antenanya bikin yang omni directional, itu istilah kerennya
    istilah tukang kayunya sih pasangin katel di antenanya
    siapa tau gain-nya ningkat

Leave a Reply

